ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary | ANJANGlestary

Rabu, 02 Desember 2015

Penyebab dan Penanggulangan Jerawat

Jerawat ??? 
Apakah Anda bermasalah dengan jerawat? 
Dan apakah pengobatan yang Anda lakukan tidak banyak membawa hasil?
Kebanyakan orang jawabannya adalah "Tidak cepat hilang dengan wajah yang (-_______-)

Jerawat bisa terjadi pada siapa saja dan munculnya bisa sangat terkait dengan makanan yang biasa kita makan dan kondisi kulit kita. Setiap orang merespon secara berbeda terhadap jenis makanan tertentu, dan juga ada makanan tertentu yang dikenal sangat dikenal reaksi yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Asumsi saya, jika Anda datang dan membaca artikel ini, berarti Anda memiliki masalah jerawat. Besar maupun kecilnya jerawat, tetap saja itu mempengaruhi kehidupan Anda, dan membuat Anda mencoba beberapa cara dan solusi untuk mengatasinya. Selain melakukan treatment, untuk mencegah jerawat timbul lagi, cobalah koreksi apa yang biasa Anda makan. Makanan tertentu bisa memicu timbulnya jerawat, dan Anda bisa mengetahui informasinya dengan membaca aretikel ini sampai tuntas.



Temukan apa dan bagaimana makanan yang Anda konsumsi bisa menyebabkan jerawat. Jika Anda ingin menyingkirkan jerawat membandel ini, hindarilah makanan ini sebanyak mungkin. Makanan yang menyebabkan timbulnya jerawat antara lain :

1. Minuman Bersoda
Soda sangat menciptakan inflamasi pada tubuh Anda, karena bahan minuman segar ini mengandung aspartame yang dapat meningkatkan jerawat. Soda bisa menurunkan tingkat pH, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

2. Gula
Asupan gula tinggi dan diet dengan indeks glikemik tinggi bisa diletakkan pada daftar tertinggi makanan-makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Gula yang disiapkan dalam bentuk apapun bisa menyebabkan lonjakan hormon tertentu yang memproduksi jerawat. Makanan seperti cokelat manis, atau makanan manis lainnya bersifat meningkatkan kadar gula darah, yang akhirnya bisa memicu jerawat. Untuk mendapatkan kulit Anda yang bebas jerawat, Anda harus menghindari gula sebanyak mungkin.

3. Susu
Susu sapi memang mengandung banyak nutrisi dan hormon pertumbuhan. Namun hormon pertumbuhan ini juga dapat menyebabkan jerawat. Susu juga bisa meningkatkan produksi insulin dalam tubuh,  yang juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Susu dan produknya seperti keju bisa meningkatkan jerawat .

4. Gluten
Gluten juga bisa menjadi biang masalah jerawat dikulit Anda, karena zat ini menyebabkan peradangan dan masalah pencernaan yang terkait jerawat. Makanan mengandung gluten tinggi umumnya adalah tepung terigu, sereal, roti, gandum, dan pasta, yang bisa menjadi penyebab terbesar dari peradangan dalam tubuh Anda, dan keluar kepermukaan kulit sebagai jerawat pada kulit. Gluten memiliki efek samping yang mirip seperti gula, jadi cobalah untuk menghindari makanan ini untuk mendapatkan kulit yang sehat.

5.  Minyak sayur
Minyak trans dan minyak sayur yang diproses merupakan faktor utama penyebab kulit berjerawat. Hal ini termasuk minyak canola, minyak jagung, margarin, dan minyak sayur lainnya, bisa merangsang peradangan. Sebaik-baiknya adalah menghindari sebanyak mungkin makanan yang digoreng, dan kalaulah memang terpaksa, bisa menggunakan minyak kelapa untuk menghindari pertumbuhan jerawat Anda.

6. Garam
Sayur kurang garam, kurang enak kurang sedap. Garam memang penting, namun jika berlebihan garam bisa menyebabkan pembengkakan pada jaringan dan membuat wajah terlihat bengkak. Jangan menkonsumsi garam beryodium terlalu banyak, karena salah satunya bisa menyebabkan jerawat. Sayangnya makanan olahan seperti sayur atau ikan kalengan, camilan kacang biasanya banyak mengandung garam, solusinya bisa di bilas sebelum dikonsumsi.

7. Permen
Makan permen sama halnya dengan meningkatkan kadar gula, yang bisa menyebabkan jerawat, kulit menjadi keriput dan tidak sehat. Gula bersifat merusak kolagen dan serat elastin pada kulit, yang berguna untuk menjaga kekencangan kulit. Selain menyebabkan jerawat, permen juga bisa menyebabkan kulit kering dan membuat keriput dini dan kulit kendur. Jadi berhati-hatilah dengan permen.

8. Makanan pedas
Sebagian orang mengatakan, makanan tak pedas itu hambar dan tak sedap. Namun mengkonsumsi berlebihan makanan pedas bisa menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan Anda. Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan sensasi peradangan di saluran pencernaan Anda, dan menimbulkan jerawat pada kulit. Makanan pedas juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke wajah,  yang bisa membuat wajah menjadi kemerahan. Oleh karena itu, orang yang bermasalah dengan jerawat harus menghindari makanan pedas atau menguranginya, serta melakukan perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit. Disarankan untuk mengendalikan atau mengobati jerawat pada tahap awal. Jerawat bisa disembuhkan dengan cara membersihkan pori-pori, atau menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter.

9. Kafein
Kafein bisa terdapat dalam semua jenis teh, cokelat, minuman soda, kopi, minuman energi, dan minuman penghilang rasa sakit. Kafein akan merangsang kelenjar adrenalin untuk melepaskan hormon stres, yang dapat meningkatkan stres. Terlalu banyak stres juga bisa membahayakan kesehatan Anda, dan salah satunya menyebabkan kulit berjerawat.

Kafein juga berpotensi mengganggu tidur, sehingga Anda tidak bisa tidur pulas. Tidur malam adalah istirahat yang sangat penting untuk perbaikan fisik dan detoksifikasi tubuh Anda. Nah, kondisi kurang tidur ini bisa semakin memperburuk jerawat pada kulit Anda.

10. Makanan olahan
Setiap makanan olahan atau yang dibungkus buruk bagi kulit dan kesehatan Anda pada umumnya. Makanan olahan yang sangat lembut bisa menyulitkan pencernaan yang tepat. Hal ini bisa menyebabkan banyak reaksi alergi, peradangan, dan jerawat.
Makanan kemasa juga mengandung aditif, perasa, dan bahan kimia lain yang bisa menyebabkan reaksi alergi. Makanan olahan mengandung gula lemak dan halus dalam jumlah banyak, yang dapat menyebabkan diabetes, lemak perut berlebih, dan peradangan.

Makanan diatas tidak selalu buruk bagi Anda, apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Jika Anda menderita jerawat, cobalah untuk mengurangi top 10 makanan pemicu jerawat tersebut diatas, dan mungkin akan membuat kulit Anda menjadi lebih indah sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar